Breaking

Selasa, 15 Januari 2019

BETPIANO | Beberapa Ikan Unik Hanya Bisa Dijumpai Dilautan Maumere, Yuk Diving!



Pasca-tsunami 1992, kehidupan laut Maumere sudah kembali tertara. Pesonanya dikenal sebagai lokasi diving terbaik dunia terangkat lagi. Namun belakangan, sejumlah pegiat wisata bawah laut dan juga para fotografer, yang telah dikordinasikan oleh Muljadi Pinneng, meluncurkan sebuah buku mengenai keindahan bawah laut Maumere. Buku ini yang berjudul " Sikka Underwater".

Di dalam buku ini, Pinneng dan juga kawan-kawan memaparkan bahwa mereka telah berhasil menangkap sejumlah biota laut yang menarik hidup pada perairan Maumere. Apa saja ya?

1. Hingebeak shrimp atau rynchocinetes durbanensis


Udang yang memiliki badan berulir, mempunyai warna kemerahan yang bercampur putih bening. Uliran putih yang ada dalam tubuhnya terlihat menyala dalam kegelapan. Pada bagian kepalanya menggembung dengan ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan badannya. Sedangkan , mulutya yang sama seperti paruh. Memiliki mata yang hijau bulatan bola hitam yang ada ditengahnya.

2. Damselfish atau pomacentrus sp



Bentuknya yang sama seperti ikan nemo, hanya saja badannya yang berwarna biru cerah dengan sirip kuning kehijauan. Pada bagian biru pada damselfish hampir merata yang ada diseluruh tubuh, bahkan sampai ke kepala, mulut dan juga bola matanya.


Warna biru yang ada pada ikan ini terlihat menyala dalam kegelapan. Terdapat bintik-bintik hitam dengan corak dengan bagian insang sampai mulut.

3. Ocellated tozeuma shrimp atau Tozeuma


Udang ini tidak sama seperti jenis pada umumnya. Bentuk badannya yang memanjang seperti jarum. Mulutnya yang sangat runcing menyerupai tombak. Dengan ukuran yang lebih kecil, udang ini sangat sama dengan sailfish. Warna ocellated tozeuma bening dengan garis oranye yang membentang dari ekor sampai ke ujung mulutnya.

4. Pencil squid atau sepioteuthis lessoniana



Cumi satu ini memounyai rona neon yang sama dnegan warna yang ada di tubuhnya, biru, kuning, hijau dan juga coklat keemasan. Bintik corak yang melingkar di bagian badan, membentuk seperti bola. Bola mata pencil squid terlihat lebih besar jika dibandingkan dengan bola mata cumi pada umumnya. Diantara pada lingkaran matanya, terdapat titik-titik cokelat keemasan.

5. Lionfish atau pterois voltans



Disebut dengan lepu. Ikan ini yang dikenal beracun dan merupakan spesies predator. Lepu yang mempunyai duri yang panjang. Warnanya percampuran antara cokelat, oranye, merah, kuning, dan juga hitam putih berselang-seling. Lepu juga bisa menyerang buruannya dengan sirip.

6. Nudibranch atau fryeria


Nudriband merupakan siput air. Badannya yang lunak, sama seperti siput yang ada di darat. Nudribanch atau siput air ini mempunyai kepala bertentakel. Kepalanya yang dikenal amat sensitif dengan rasa bau dan sentuhan. Siput air memiliki dua antena seperti pada kuda  poni. Warnanya yang kuning dan membentuk uliran-uliran.

7. Halgerda nudibranch


Halgerda merupakan salah satu genus siput laut tanpa kulit dan berada di jajaran keluarga discodorididae. Halgerda termasuk biota yang sangat langka. Persebarannya juga terbatas pada wilayah Indo-Pasifik bagian barat.

Dua spesies yang lain juga ditemukan pada perairan beriklim hangat di bagian Afrika dan Australia Selatan, sedangkan satu spesies yang ditemukan di perairan hangat di Jepang. Hagerda memiliki warna yang menarik, antara oranye, putih dan biru yang menyala.

Wah, unik bangt ya ikannya. Yuk, diving di Maumere. Namun harus ingat, kita tidak boleh mengganggu dan juga merusak ekosistem mereka serta karang laut ya.


Tidak ada komentar: